5 Tempat Wisata Di Jogja Yang Sudah Melegenda


  Jogja merupakan kota dengan sejuta kenangan, semua orang yang melakukan liburan wisata ke jogja pasti tidak bisa move on dari bayang-bayang keindahan khas yang hanya bisa dijumpai di jogja. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang berulang kali memilih kota jogja menjadi salah satu destinasi kota wisata yang wajib untuk didatangi lagi dan lagi.
Di Jogja, Anda dapat menjumpai dua landmark yang telah dinyatakan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia, yakni Borobudur dan Prambanan. Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia. Sementara Candi Prambanan adalah candi Hindu termegah yang ada di Indonesia, merupakan yang terbesar pula di kawasan Asia Tenggara.

Pesona tempat wisata di Jogja bahkan dapat Anda temui dengan pengalaman wisata belanja dan mencicipi aneka kuliner Jogja yang memikat. Membeli beberapa oleh-oleh khas Jogja adalah salah satu kegiatan yang lazim dilakukan wisatawan yang pernah menginjakkan kaki di kota yang disebut juga sebagai Kota Pelajar ini. Dalam artikel kali ini akan membahas beberapa tempat wisata jogja mulai dari yang biasa, terbaru, hingga unik yang tersembunyi di jogja. Tentu semua wisata tersebut wajib anda kunjungi untuk merasakan pengalaman baru ketika berkunjung ke jogja. Penasaran? Simak terus artikel ini dengan baik ya.


1. Candi Borobudur


Candi Borobudur merupakan monumen Buddha termegah dan kompleks stupa terbesar di dunia yang diakui oleh UNESCO. Bangunan Candi Borobudur secara keseluruhan menjadi galeri akan mahakarya para pemahat batu. Candi Borobudur mempunyai rancangan yang sangat berbeda dengan candi – candi lainnya yang ada di Indonesia. Candi ini dibangun di atas bukit, bukan di permukaan yang datar. Di dalam candi tak ditemukan ruangan khusus untuk ritual pemujaan seperti pada candi – candi lainnya. Hanya ada barisan lorong sempit yang panjang berbatas dinding candi yang bertingkat. Jika dilihat dengan seksama, Candi Borobudur memang mirip piramida pada umumnya, namun yang membedakannya, candi ini berundak – undak. Candi tanpa ruangan ini dipercaya oleh masyarakat sebagai bangunan yang sengaja dibuat untuk tempat peribadatan.

Menikmati kemegahan Candi Borobudur tidak hanya cukup dengan berjalan menyusuri lorong dan naik ke tingkat teratas candi. Satu hal yang jangan dilewatkan adalah menyaksikan Borobudur Sunrise dan Borobudur Sunset dari atas candi. Siraman cahaya mentari pagi yang menerpa stupa dan arca Buddha membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa. Sedangkan berdiri di puncak candi di kala senja bersama deretan stupa dan menyaksikan sinar matahari yang perlahan mulai lindap akan menciptakan perasaan tenang dan damai.


2. Candi Prambanan


Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terindah di Dunia. Fakta mengatakan bahwa itu benar dengan dijadikannya Candi Prambanan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO dan dinobatkan sebagai candi dengan arsitektur terindah. Candi ini dikenal juga sebagai Candi Rara Jonggrang yang berbentuk ramping dengan tinggi mencapai 47 meter, merupakan daya tarik bagi para wisatawan dari seluruh dunia yang ingin melihat betapa megahnya dan keindahan Candi Prambanan. Terletak di Desa Prambanan, 20km timur Yogyakarta, tepatnya di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Mengunjungi candi prambanan pada siang hari akan terasa sangat biasa. Namun mengunjungi candi prambanan pada malam hari pada saat digelarnya sendra tari ini akan terasa luar biasa. wisata ini akan menjadikan wisata malam jogja yang anda habiskan akan terasa lebih lengkap. Namun untuk melihat sendratari Ramayana prambanan ini hanya bisa disaksikan ketika sedang musim kemarau saja karena panggung untuk diselenggarakannya pagelaran ini merupakan penggung terbuka dengan latar belakang kemegahan candi prambanan.


3. Taman Nasional Gunung Merapi


GunungMerapi berada di sebelah utara kota Yogjakarta. Pesona yang dimilikinya menjadikannya sebagai salah satu obyek yang populer di Jogja dan diakui sangat memikat hati para pendakinya. Gunung Merapi Jogja dikelola dengan sangat baik dengan buktinya yaitu Kinahrejo di lereng selatan. Selain itu juga terdapat wisata Kaliurang, Tuk Pitu atau Tujuh Mata Air, Kalikuning dan Kaliadem yang juga menjadi tempat-tempat wisata yang populer.

Salah satu tragedy yang tak pernah terlupakan dari jogja adalah letusan gunung merapi yang merugikan banyak pihak. Namun dibalik tragedi yang mengerikan itu tersimpan wisata merapi jogja berupa taman nasional gunung merapi yang memiliki suasana yang sangat sejuk dan menenangan jiwa. Di salah satu destinasi tempat wisata alam jogja ini anda bisa melakukan berbagai aktifitas untuk menikmati keindahan alam sekitar gunugn merapi yaitu antara lain: bisa melakukan trekking ditemani pemandangan indah hitan tropis hijau gunung merapi, mengunjungi tempat pemandian tlogo putri dan tlogo muncar, sampai dengan bisa melihat landscape dari lembah sungai boyong yang terkena efek dari endapan awan panas.

Merapi tak hanya memiliki satu jalur namun juga memiliki beberapa jalur pendakian yang menyuguhkan tingkat kesulitan yang berbeda. Umumnya ada dua jalur yang dapat dipilih untuk dipergunakan, jalur yang pertama berada di desa Kinahrejo pada kemiringan sekitar 30-340 dalam kurun waktu sekitar 6-7 jam. Jalur kedua berada pasa sisi utara, disana terdapat beberapa posko. Bagi para pemula sebaiknya memilih jalur yang kedua ini karena lebih mudah jika dibandingkan dengan jalur pertama tadi.


4. Malioboro


Banyak tempat wisata menarik yang dimiliki Kota Sang Sultan ini, salah satunya yang sangat populer tentu saja Jalan Malioboro. Jalan sepanjang 2,5 km yang membentang dari Tugu Yogyakarta sampai ke Kantor Pos Yogyakarta ini tak pernah sepi wisatawan setiap harinya. Jalan Malioboro berada dekat sekali dengan keraton dan disebut sebagai salah satu titik garis imajiner yang menghubungkan antara Pantai Parangtritis, Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi.

Dalam bahasa Sansekerta, kata “malioboro” bermakna karangan bunga. itu mungkin ada hubungannya dengan masa lalu ketika Keraton mengadakan acara besar maka jalan malioboro akan dipenuhi dengan bunga. Kata malioboro juga berasal dari nama seorang kolonial Inggris yang bernama “Marlborough” yang pernah tinggal disana pada tahun 1811-1816 M. pendirian jalan malioboro bertepatan dengan pendirian keraton Yogyakarta (Kediaman Sultan).

Malioboro juga menjadi sejarah perkembangan seni sastra Indonesia. Dalam Antologi Puisi Indonesia di Yogyakarta 1945-2000 memberi judul “MALIOBORO” untuk buku tersebut, buku yang berisi 110 penyair yang pernah tinggal di yogyakarta selama kurun waktu lebih dari setengah abad. Pada tahun 1970-an, Malioboro tumbuh menjadi pusat dinamika seni budaya Jogjakarta. Jalan Malioboro menjadi ‘panggung’ bagi para “seniman jalanan” dengan pusatnya gedung Senisono. Namun daya hidup seni jalanan ini akhirnya terhenti pada 1990-an setelah gedung Senisono ditutup.


5. Pantai Parangtritis


Pantaiparangtritis atau yang oleh warga jogja disingkat pantai paris merupakan satu nama pantai paling terkenal di kota budaya ini. Pantai yang terkenal dengan ombak besar dan mitos tentang Nyi Roro Kidul ini menyimpan sejuta keindahan dan juga berbalut misteri bagi yang mempercayainya. Apapun itu, bila sobat licious sedang berwisata ke Yogyakarta, selain ke Keraton Yogyakarta, sobat juga harus datang ke pantai parangtritis.

Deburan ombak yang menyapu hamparan pasir hitam landai disertai hembusan angin khas pantai akan membuat Anda betah berlama-lama menikmati pemandangan ini. Selain itu, pemandangan matahari terbenamnya juga tidak kalah indah dengan Pantai Kuta di Bali. Satu lagi yang menarik dari Pantai Parangtritis adalah adanya gumuk atau gundukan pasir di sekitar pantai. Gumuk ini disebut sebagai satu-satunya gurun pasir di Asia Tenggara. Berada di sini, Anda akan merasa sedang berada di Afrika karena luasnya lautan pasir dan udaranya yang lebih panas beberapa derajat dibanding daerah sekitarnya.

Pantai Parangtritis berlokasi di Jalan Parangtritis KM 28, Yogyakarta, atau sekitar 30 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk transportasi menuju Parangtritis, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.



Itulah ulasan mengenai 5 Tempat Wisata Di Jogja Yang Sudah Melegenda dan juga menyimpan sejarah masa lampau, semoga ulasan diatas bisa bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Pengalaman Booking Hotel di Traveloka yang Mudah dan Cepat

9 Objek Wisata Alam Semarang Pesona Khas Jawa Tengah